Ramaikan Pameran Karimun Expo 2022, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun Sosialisasikan Masa Berlaku Paspor 10 tahun.

0
10

JKNEWS.ID – KARIMUN. Sempena Hari ulang tahun Karimun Ke 23 Tahun, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, melaksanakan Sosialisasi Pelayanan Keimigrasian di Stand Pameran Karimun expo Coastal area Karimun.

Hal ini dilakukan untuk mensosialisasikan tentang Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022, yang merupakan perubahan dari Permenkumham Nomor 8 tahun 2014, tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Dalam Pameran Yang digelar sejaknTanggal 12 oktober Hingga Tanggal 16 oktober ini, banyak juga instansi/lembaga, organisasi perangkat daerah, serta pihak swasta yang mempromosikan produk atau inovasi masing-masing.

Pada kesempatan ini Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Sophian Kasim Sani menjelaskan bahwa, dalam Pasal 2A ayat (2) Permenkumham 18/2022 disebutkan, paspor biasa (elektronik dan nonelektronik) dengan masa berlaku paling lama 10 tahun hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah menikah.

” Untuk masa berlaku Paspor RI 10 tahun, hanya berlaku bagi pemohon yang berusia 17 Tahun keatas, Selain kategori tersebut, paspor diberikan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun ” ucap Sophian.

Kebijakan paspor dengan masa berlaku 10 tahun sudah diimplementasikan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun sejak tanggal 12 Oktober 2022.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan sangat interaktif yaitu karena antusiasnya warga yang hadir ke stand Imigrasi untuk menanyakan syarat pembuatan paspor, cara pemakaian aplikasi M-Paspor, serta tentang masa berlaku Paspor yang saat ini sudah menjadi 10 tahun.

” Selain Sosialisasi pelayanan paspor ri dengan masa berlaku 10 tahun, kami juga kembali menyampaikan terkait Aplikasi M – Paspor , Sehingga masyarakat dapalt lebih paham akan pengurusan paspor di kantor Imigrasi karimun ” tutur Sophian.